Kebumen News :
Home » » Sakit Batuk

Sakit Batuk

Written By mt@kebumen on Jumat, 11 Maret 2011 | 10.49

Batuk adalah anugerah Allah yang patut kita syukuri. Mengapa begitu? Permisalan saja dalam kehidupan sehari-hari, pada dasarnya saat kita makan kemudian nantinya akan menjadi feses yang akan dikeluarkan dari belakang, jadi lubangnya ada dua yaitu satu adalah lubang pemasukan dan yang satunya lagi adalah lubang pengeluaran (berbeda lokasi). Berbeda dengan paru-paru, paru-paru hanya mempunyai satu lubang yaitu lubang hidung atau mulut (satu lokasi, keduanya berada di area wajah) sehingga mau tidak mau harus dikembalikan lagi kalau ada sesuatu yang aneh, maksudnya, apabila kita menghirup sesuatu misalnya debu yang partikelnya agak besar kemudian masuk hidung akan tertahan dibulu hidung, namun bila partikelnya agak sedikit kecil debu bisa sampai ke paru-paru masuk ke saluran nafas dan tidak dapat dikeluarkan sehingga akan mengganggu saluran pernafasan. Jadi, sebenarnya batuk itu berfungsi untuk mengeluarkan sesuatu yang tidak diinginkan berada di dalam paru-paru. Namun masalahnya, batuk akan menjadi sesuatu yang memusuhi kita jika sudah berlebihan dan akan menimbulkan beberapa akibat:
  1. Komplikasi. Kita bisa membuang energi dalam tubuh kira-kira 10%-15% yang seharusnya dijadikan daging malah justru dijadikan untuk batuk. Bila kondisi seperti itu terjadi pada anak-anak maka dapat membuat tubuh menjadi kurus/ berat badan anak tidak naik.
  2. Patah tulang. Batuk yang sedemikian hebat bisa mengakibatkan patah tulang atau dislokasi ‘tulang meleset’ pada tulang yang kropos.
  3. Kram perut.
  4. Muntah.
  5. Stroke. Batuk yang menyertai pada kelainan sebelumnya dapat menjadi fatal.

Pentingnya permasalahan batuk apalagi saat musim yang tidak menentu, seperti bila waktu siang datang cuaca panas sekali kemudian tiba-tiba menjadi mendung gelap kemudian hujan bahkan sampai pagi. Cuaca seperti itu akan memudahkan untuk seseorang terserang batuk, pilek, demam, dsb. Batuk sendiri tidak disebabkan karena flu saja, banyak faktor yang menyebabkan batuk.

Macam-macam penyebab batuk:

  1. Infeksi, terbagi menjadi dua yaitu infeksi bagian atas dan bawah.
  2. Alergi, contoh: asma, yang dapat mengakibatkan batuk, mengi, dan sesak nafas.
  3. Kemasukan benda asing, contoh: kemasukan kacang, nasi, atau yang lainnya yang belum terlumatkan tak sengaja masuk ke paru-paru bisa menyebabkan batuk
  4. Tumor. Misalkan: kanker paru-paru bisa menyebabkan batuk yang disertai darah.
Batuk adalah nikmat Allah yang harus kita syukuri, kita tidak perlu khawatir berlebihan tetapi jangan menggampangkan. Jika Anda batuk disertai dengan gejala-gejala yang lain atau berkepanjangan atau sakit kepala, maka waspadalah.

Narasumber : dr. Safari Wahyu Jatmiko
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. mta online ( brosur ahad - jihad pagi ) majlis tafsir al quran - Kebumen
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger